Saturday, April 2, 2016

Paralayang Kota Batu, Pengalaman Seru Menguji Nyali

Informasi Wisata Indonesia - Di Batu, kota wisata dengan karakter pegunungan sejuk, sudah pasti menyedot antusiasme para pelancong untuk datang kesana. Untuk Anda para pecinta adventure, satu hal yang wajib dicoba adalah Wisata Paralayang Kota Batu.

Berlokasi di Gunung Banyak, sekitar 1350 mdpl, para pecinta paralayang, baik atlet dan penghobi berkumpul disana. Tak jarang para pelancong amatir yang belum pernah mencoba datang untuk menikmati wisata paralayang.

Tentu tidak dengan cara terbang solo, namun dengan tandem bersama ahli paralayang atau biasa disebut pilot. Wisata ini diminati banyak Kota Batu. Mereka memadari area paralayang Gunung Banyak setiap harinya, terlebih pada akhir pekan. Untuk menikmati wisata Paralayang Kota Batu, Anda harus mempersiapkan mental dan keberanian serta biaya tiket sebesar Rp 130 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk perlengkapan terbang, alat keselamatan, pemandu atau pilot dan juga asuransi.

Adalah Imam, atau biasa dipanggil Abah, seorang senior di dunia atlet paralayang Indonesia yang berhasil nenenarkan paralayang di Malang khususnya di Batu. Abah menyebut, ia pada masa 90an kembali ke Malang setelah menyelesaikan studi di Jakarta. Hobinya pada paralayang membawanya untuk terus terbang dengan payungnya. Saat itu di Malang olahraga ini belum populer. Tidak ada spot khusus untuk melakukan take off (lepas landas). Ia pun akhirnya membuka Gunung Banyak yang saat itu belum di fasilitasi jalan aspal.

Saat ini wisata paralayang Kota Batu diayomi oleh komunitas. Anggotanya berjumlah lebih dari 20 orang, yang mana kebanyakan dari mereka saat ini juga menjadi pilot (pemandu) wisata paralayang Kota Batu.

wiata paralayang kota batu gunung banyak malang

Kami pun sempat mencoba terbang. Saat itu sore sudah menjelang. Angin cukup bagus untuk melakukan penerbangan. Prosedur penerbangan adalah sekitar 5-10 menit, tergantung pada kondisi angin. Bagi Anda yang ingin terbang sekaligus mendokumentasikan, Anda bisa menggunakan kamera adventure ataupun dengan kamera handphone yang disematkan pada monopod.

Tak perlu khawatir akan keselamatan. Selain sudah menggunakan peralatan standard dan pemberlakuan aturan penerbangan, para pilot tandem Anda adalah mereka yang sudah teruji dari sisi kemampuan dan pengalaman jam terbang. Perlu waktu sekitar 5 tahun jika rutin terbang solo untuk seseorang dapat mengantongi izin terbang sebagai pilot tandem.

Saat itu kami yang mencoba ikut terbang tandem secara jujur merasakan, kenyamanan dalam wisata paralayang Kota Batu ini. Selain mengedepankan faktor keselamatan, ternyata para pilot ahli ini bisa diminta untuk melakukan trik dan atraksi selama penerbangan. Kisaran waktu terbang tidak lebih dari 10 menit dan akan berakhir di lapangan sepak bola Songgokerto.

Perlu juga diketahui, bagi Anda yang berminat mencoba wisata paralayang Kota Batu Malang ini, pastikan Anda tidak memiliki penyakit jantung serta tidak memiliki trauma pada ketinggian. Wisata paralayang Kota Batu tidak selalu buka, ketika cuaca khususnya angin dan hujan tidak bersahabat, wisata ini ditutup.

Selain  adrenalin, pengalaman tidak terlupakan dari wisata paralayang Kota Batu ini adalah ketika Anda mendapatkan pemandangan terbaik dari keindahan Kota Batu dan Malang dari sisi udara serta pegunungan yang mengelilinginya.


EmoticonEmoticon