Saturday, October 1, 2016

Menu Sarapan Khas Jogja yang Bikin Kamu Ngiler Kalo Gak Nyoba

Informasi-Wisata.Com - Tentu saja kalian sudah tau khususnya pada travelers, kalau Jogja selain terkenal akan budayanya juga sangat tersohor akan kulinernya. Nah kali ini Informasi-Wisata.Com akan memberikan rekomendasi menu sarapan yang sangat khas dari Yogyakarta yang tentu saja bisa bikin kamu ngiler kalau nggak nyobain, apalagi sudah liat gambar-gambarnya di bawah ini.

So, nggak perlu dijelaskan lagi kenapa Jogja sering juga disebut sebagai kota kuliner. Dijamin, kamu nggak akan kehabisan ide mau makan apa di Jogja. Segala jenis kuliner siap untuk kamu santap. Mulai dari yang tradisional sampai modern, murah atau mahal, sampai kuliner musiman pun ada, termasuk kuliner menurut waktu tertentu. Contohnya saja menu-menu sarapan pagi khas Jogja ini;

Menu Sarapan Khas Jogja


SOTO BATHOK MBAH KATRO

soto bathok mbah katro
foto: kenyoot.blogspot.com

Di daerah Jawa Tengah dan Jogja kamu bisa menemukan banyak sekali pedagang soto dengan berbagai macam jenisnya. Tetapi Soto Bathok Mbah Katro merupakan makanan yang sangat khas asli berasal dari Jogja. Mudah sekali menemukan kuliner berkuah ini di Jogja, baik di warung maupun pedagang keliling. Beberapa warung soto di Jogja pun menjadi kuliner legendaris dan sah satunya adalah warung soto bathok Mbah Katro. Warga Jogja menjadikan soto sebagai menu sarapan yang paling favorit. Karena selain kuahnya yang gurih, segar dan hangat, ditambah nasi dan suwiran ayam menjadikan menu ini nikmat di santap pada pagi hari. Jika kamu menginginkan menu tambahan, umumnya soto bathok dapat dinikmati bersama beberapa lauk pendamping seperti tempe goreng, sate telur, sate usus, dan juga kerupuk. 

Penasaran dengan Soto Bathok Mbah Katro, silahkan kujungi alamat ini Jl. Palagan Tentara Pelajar KM. 7, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga soto bathok mbah katro di patok Rp 5,000* per porsi sedangkan tempe dan gorengan lainnya Rp 5,000*.

GUDEG YU DJUM 

gudeg yu djum
foto: kotajogja.com

Coba kamu cari warung gudeg pas pagi hari di Jogja. Pasti kebanyakan akan penuh pelanggan. Yup, gudeg dikenal sebagai makanan khas Jogja bukan karena tanpa alasan. Tentu saja gudeg ada di list teratas makanan favorit orang Jogja. Meskipun sebagian besar gudeg-gudeg legendaris buka pada malam hari, tapi bukan berarti gudeg di pagi hari bisa diabaikan. Selain menjual nasi gudeg, warung gudeg pagi juga menjual bubur gudeg. Karena itu, tidak heran banyak ibu-ibu yang membeli bubur gudeg untuk sarapan anak mereka. Disamping itu, gudeg di pagi hari harganya juga relative murah lho.

PECEL GUMILANG

nasi pecel gumilang
foto: kotajogja.com

Sarapan memang paling pas dengan sesuatu yang simple, jadi ga heran kalau nasi pecel masuk menu sarapan favorit orang Jogja. Siapa yang bisa menolak nasi hangat, dengan sayuran rebus, dan bumbu kacang yang gurih untuk sarapan? Simple but perfect!

BUBUR AYAM SYARIFA

bubur ayam syarifa
foto: kotajogja.com

Warung bubur menjadi salah satu sarapan pagi yang cukup populer di Indonesia, termasuk Jogja. Meski begitu, ternyata bubur ayam yang banyak tersebar di Jogja, kebanyakan adalah bubur ayam khas Jakarta lho. Selain bubur ayam,bubur kacang hijau juga cukup populer di Jogja. Biasanya penjual bubur kacang hijau menjajakan dagangannya dengan gerobak keiling. Harganya juga terjangkau, berkisar 2500-4000 rupiah saja perporsinya.



*Harga berlaku saat artikel di publikasikan

Sumber: kotajogja.com


EmoticonEmoticon