Sunday, February 7, 2016

8 Destinasi Wisata Alam Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Informasi Wisata Indonesia - Pergi ke Bandung jangan lupa untuk mengunjungi 8 tempat wisata alam ini. Sengaja kami rangkum di dalam blog wisata ini agar memudahkan para pemburu informasi yang sedang mencari referensi selum pergi ke Bandung.
Setelah Puncak, Bandung adalah salah satu tujuan wisata lokal  ketika akhir pekan tiba, khususnya bagi warg Bogor, Jakarta dan sekitarnya. Karena jarak tempuh antara Bandung, Bogor dan Jakarta tidaklah terlalu jauh, sehingga cocok sekali untuk dijadikan tujuan wisata libur akhir pekan yang hanya 2 hari saja. Selain menggunakan kendaraan pribadi, untuk menuju kota Bandung saat ini banyak fasilitas kendaraan umum yang bisa digunakan seperti bis dan juga jasa travel. 

Akses yang mudah dan banyaknya destinasi wisata di daerah Bandung membuat para warga Jakarta dan sekitarnya menjadikan Bandung sebagai tujuan wisata lokal favorit. Tak heran jika saat akhir pekan tiba banyak sekali mobil dengan plan nomor B dan F yang berkeliaran di kota kembang ini. Lalu, apa saja sih tempat wisata favorit yang sering dikunjungi? Dibawah ini adalah destinasi wisata alam di Bandung yang harus Anda kunjungi: 

8 Tempat Wisata Alam Bandung yang Wajib Anda Kunjungi


1. Tebing Keraton

wisata alam bandung tebing keraton
Salah satu tempat wisata alam yang sedang happening di Bandung adalah Tebing Keraton. Saat ini Tebing Keraton tengah ramai dan menjadi tujuan favorit para wisatawan lokal, terutama para pecinta fotografi karena alamnya masih asri.

Berada di atas Tebing Keraton dapat menikmati pemandangan dari segala penjuru, mulai dari megahnya Gunung Tangkuban Perahu, Jalur Lembang yang indah, dan Elok nya penampilan Kota Bandung dari kejauan serta sunrise yang mempesona di balik gunung yang dapat disaksikan dari Tebing Keraton. Baca juga informasi lengkap tentang wisata Tebing Keraton yang telah kami bahas sebelumnya.

Jika Anda memiliki jiwa petualang yang tinggi dan menyukai alam tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata Anda, jangan lupa bawa komera yang mumpuni untuk dapat mengabadikan momen-momen penting ketika berada disana.


2. Gunung Tangkuban Perahu

wisata alam bandung gunung tangkuban perahu
Siapa yang tak tau Gunung Tangkuban Perahu, gunung yang memiliki cerita legenda rakyat ini berada di utara Bandung kurang lebih 20 km. Tempat wisata alam satu ini ramai pengunjung kala akhir pekan datang. Tempat ini menjadi destinasi wisata favorit warga sekitar Bandung seperti Jakarta, Bogor, Subang, Purwakarta, Karawang dan lain sebagainya. Kebanyakan warga sekitar Bandung memanfaatkan Gunung Tangkuban Perahu sebagai tujuan wisata akhir pekan karena mudah dijangkau dan sangat ekonomis. Selain itu keindahan alam yang disuguhkan menjadi alasan utama.

Gunung berapi yang masih aktif dan memiliki ketinggian 2.084 meter ini tepatnya terletak di daerah Lembang. Rimbunnya pohon pinus dan dikelilingi hamparan kebun teh membuat tempat wisata satu ini menjadi sangat asri dan indah. Keunikan Gunung Tangkuban Perahu yang menjadi salah satu alasan orang-orang mengunjungi tempat ini adalah karena bentuk gunung yang seperti perahu terbalik, hal itu juga yang menjadi dasar pemberian nama gunung tersebut, dan memiliki sejarah cerita rakyat.

Ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi Tangkuban Perahu, hal pertama yang tidak boleh lupa adalah kamera, dan jangan lupa untuk berfoto dengan background lava, akan tetapi Anda harus berhati-hati dan jangan sampai tergelinjir ketika berada disana karena dataran bebatuan yang terjal.

3. Kawah Putih Ciwidey

Bandung Selatan memiliki sebuah destinasi wisata alam yang sudah tersohor di Pulau Jawa, Jawa Barat khususnya. Tempat wisata tersebut bernama Kawah Putih. Saking tersohornya keindahan yang dimiliki, Kawah Putih sering dijadikan lokasi syuting adegan film, sinetron, video klip musik, bahkan sering dijadikan sebagai tempat foto prewedding. 

Tempat wisata Kawah Putih jika ditempuh dari Kota Bandung menggunakan kendaraan pribadi tidak membutuhkan waktu yang lama, karena hanya berjarak kurang lebih 50 km saja. Fasilitas jalan yang tersedia pun sudah sangat memadai dan dapat di lalui oleh kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Bahkan jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum juga tersedia.

Keunikan wisata alam Kawah Putih adalah sebuah danau yang memiliki tanah yang bercampur dengan belerang sehingga berwarna putih, di tambah dengan warna air yang memiliki warna putih kehijauan makin membuat pemandangan menjadi sangat indah. Uniknya lagi danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha ini airnya sering berubah-ubah warna.

Kawah Putih terletak di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Dengan ketinggian kurang lebih 2090 mdpl, kawasan Kawah Putih sering tiba-tiba turun hujan, jadi ketika Anda memutuskan untuk pergi kesana pastikan membawa persiapan payung ada bisa juga menyewa jika terpaksa. 

4. Curug Dago

objek wisata alam bandung curug dago
Curug Dago berada di dalam Kawasan Hutan Ir. Juanda daerah Bukit Dago tepatnya kecamatan Coblong, Bandung. Kawasan Hutan Ir. Juanda dekat dengan objek wisata Tebing Keraton, jadi tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke Tebing Keraton untuk mampir ke Curug Dago menikmati indahnya pemandangan air terjun disana.

Yang menjadi panorama keindahan utama di Curug Dago adalah air terjun tersebut, dengan tinggi terjunan air kurang lebih 12 meter cukup menakjubkan untuk dinikmati para pecinta wisata alam. Air terjun Curug Dago letaknaya masih tersembunyi dan belum begitu tereksplor banyak wisatawan lokal. Hal tersebut dikarenakan kurangnya sarana promosi yang menunjang.

Selain air terjun, Curug Dago memiliki keunggulan lain yaitu prasasti batu tulis peninggalan kerajaan Thailand tahun 1818. Prasasti yang menurut penjelasan para ahli sejarah tersebut ada dua dan dikisahkan sebagai peninggalam Raja Rama V dan VII yang berasal dari dinasti Chakri yang konon pernah singgah di Curug yang merupakan bentukan dari aliran sungai Cikapundung tersebut.

5. Situ Patenggang

wisata alam bandung itu patenggang
Tempat wisata alam Bandung lainnya adalah Situ Patenggang, dari namanya sudah dapat diketahui bahwa tempat wisata ini berupa sebuah danau. Situ adalah nama lain danau dalam Bahasa Sunda, dan istilah Patenggang sendiri juga berasal dari Bahasa Sunda yang sebetulnya adalah pateang-teangan yang berarti saling mencari. 

Mitosnya konon terjadi janinan cinta antara Putra Prabu dan Putri keturunan Dewi yang hidup di alam, mereka adalah Ki Santang dan Dewi Rengganis. Keduanya terpisah sangat lama dan akhirnya setelah saling mencari sekian lamanya bertemu. Permintaan Dewi Rengganis kepada Ki Santang adalah agar dibuatkan perahu, yang kemudian perahu tersebut digunakan untuk berlayar bersama keduanya. Menurut cerita perahu itu menjadi sebuah pulau yang berbentuk love atau hati dan orang menyebutnya Pulau Asmara atau Pulau Sasaka hingga kini. Selain Pulau Asmara terdapat juga sebuah batu yang disebut sebagai Batu Cinta, dahulu mitosnya sebagai tempat bertemu antara Dewi Rengganis dan Ki Santang.

Bagi Anda yang sedang berada di Bandung dan mengunjungi Kawah Putih, sempatkan lah untuk mampir di danau Situ Patenggang, karena tempat wisata danau ini tidaklah jauh dari sana. Situ Patenggang berada di daerah Ciwidey, hanya beberapa kilo meter saja dari Kawah Putih, tak lebih dari 12 menit Anda bisa sampai kesana. Selain itu harga tiket masuk ke Situ Patenggang tidaklah mahal.

Berada di ketinggian 1600 mdpl, Situ Patenggang menyimpan sebuah panorama yang eksotik. Di tambah dengan rimbunnya perkebunan teh menjadikan kawasan Situ Patenggan sangat asri dan sejuk. Cocok dijadikan tempat refreshing keluarga atau family gathering.

6. Kebun Strawberry Ciwidey

wisata alam ciwidey bandung kebun strawberry
Masih di kawasan Ciwidey, Bandung Utara terdapat sebuah tempat wisata alam yang menyuguhkan indahnya hamparan kebun strawberry. Selain indah dan asri di perkebunan strawberry ini dapat memetik strawberry sendiri, serasa menjadi petani strawberry saja.

Buah strawberry yang telah dipetik dikumpulkan dan ditimbang, kemudian akan dikenakan biaya sesuai dengan berat jumlah strawberry yang dipetik. Jika Anda memutuskan berwisata alam ke Kebun Strawberry Bandung, sebaiknya bersama keluarga. Terutama anak Anda akan merasa sangat senang, bisa bermain dengan alam dan menikmati strawberry disana.

Sebaiknya untuk berkunjung ke Kebun Strawberry Ciwidey Bandung pada saat musim kemarau, hal tersebut dikarenakan rasa dan kualitas buah strawberry lebih enak jika dibandingkan dengan buah strawberry yang dihasilkan pada musim hujan.

7. Maribaya

wisata alam air terjun maribaya bandung
Melanjutkan perjalanan dari Gunung Tangkuban Perahu bersinggahlah ke wisata alam Maribaya. Berada di daerah Lembang, Maribaya berjarak kurang lebih 22 km dari Kota Bandung. Wisata yang dapat disaksikan di Maribaya adalah mata air panas. Seperti pada umumnya sumber air panas yang mengandung belerang diyakini mampu menyembuhkan aneka ragam penyakit kulit. 

Tetapi yang berbeda dari wisata permandian air panas lainnya adalah di Maribaya terdapat sebuah air terjun yang indah dan tamannya yang asri karena memang dekat dengan kawasan Hutan Ir. Juanda. Disana juga terdapat sungai yang masih alami yang megalir sampai ke Curug Dago. Jadi setelah berendam dalam hangatnya sumber mata air belerang disana dapat dilanjutkan dengan kegiatan wisata alam lainnya.

8. Bukit Moko

wisata alam bandung bukit moko
Bukit Moko berada di sebuah yang bernama Cimenyan, salah satu kecamatan yang berada di wilayah Bandung Utara. Bagi yang ingin menikmati indahnya pemandangan perbukitan sambil bersantai, singgahlah ke Bukit Moko.

Memang masih belum banyak yang tau daerah wisata alam satu ini, akan tetapi tempat wisata yang di klaim sebagai dataran tertinggi se-Bandung ini sebenarnya tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, baik siang maupun malam hari sehingga cocok di jadikan tempat bersantai di akhir pekan.

Ketika berada di Bukit Moko jangan lupa untuk mampir di Warung Daweung, sebuah warung yang cukup terkenal disana. Dari Warung Daweung ini Anda dapat dengan leluasa menikmati indahnya kota Bandung dari kejauhan. Selain itu Warung Daweung menyediakan berbagai minuman hangat, cocok sekali menemani Anda sambil menikmati pemandangan dengan udara yang sejuk.

Bukin Moko memang tengah menjadi lokasi wisata lokal favorit warga Bandung dan sekitarnya, akan tetapi untuk menuju kesana tidak bisa menggunakan kendaraan umum.  Disamping jalur menuju Bukit Moko yang curam dan banyak kelokan, lokasi ini tidak dilalui kendaraan umum, sehingga harus ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Demikianlah 8 destinasi wisata alam yang berada di Bandung yang wajib untuk dijadikan tujuan wisata akhir pekan Anda, semoga menjadikan referensi yang bermanfaat. Selamat berlibur!


EmoticonEmoticon