Sunday, May 8, 2016

10 Tempat Wisata di Lembang Yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Lembang yang wajib dikunjungi pada saat berada di Bandung saat menghabiskan waktu liburan akhir pekan atau libur panjang. Lembang merupakan tempat tujuan wisata di daerah Bandung yang cukup populer, khususnya para warga sekitar Bandung seperti Jakarta dan Purwasuka. Selain karena udaranya yang sejuk dan asri, tempat wisata di Lembang tergolong murah dan ekonomis

Pada saat liburan akhir pekan tiba, Lembang selalu dipenuhi kendaraan dari berbagai luar daerah Bandung. Karena selain menjadi tujuan utama, Lembang juga merupakan lokasi wisata transit bagi sebagian orang yang sedang melakukan perjalanan menuju ke Bandung dari arah Subang, atau sebaliknya.

Lalu, apa saja tempat wisata Lembang, Bandung yang layak untuk dijadikan destinasi utama, berikut ini adalah daftarnya.

10 Tempat Wisata di Lembang Yang Wajib Dikunjungi

10. Sapu Lidi

Tempat Wisata Lembang Bandung Sapu Lidi

Tempat wisata Lembang yang pertama adalah Sapu Lidi. Hmm nama yang cukup aneh ya. Namun dibalik namanya yang aneh tempat wisata Lembang, Bandung ini memiliki keunikan tersendiri. Alam pedesaan yang asri membuat para wisatawan betah dan selalu ingin kembali kesana. Selain dapat menikmati suasana alam pedesaan, di lokasi wisata Sapu Lidi tersedia perahu tradisional yang dapat di sewa untuk berkeliling ke danau. Di area Sapu Lidi juga menyediakan wisata kuliner yang cukup enak, semakin nikmat disantap di antara suasana alamnya.

Lokasi wisata sapu lidi Lembang buka jam 10 pagi sampai dengan 11 malam. Selain wisata alam dan kuliner yang lezat tersedia juga fasilitas penginapan hotel dan resort yang dilengkapi dengan spa ada disekitar wisata sapu lidi. Untuk harga yang dipatok cukup lumayan kelas menengah, Anda bisa melihatnya di berbagai review para pengunjung yang pernah kesana.

9. Jendela Alam

Tempat Wisata di Lembang Bandung Jendela Alam

Tempat wisata di Lembang selanjutnya adalah taman wisata jendela alam Lembang Bandung. Jendela alam merupakan objek wisata keluarga yang sekaligus cocok untuk dijadikan sarana belajar anak mengenal alam seperti tumbuh-tumbuhan dan binatang. Suasananya yang sejuk tentu saja membuat anak-anak betah berlama-lama disana. 

Lokasi jendela alam Lembang Bandung berada di alamat JL. Sersan Bajuri KM 4, 5, Komplek Graha Puspa, Lembang, tempat wisata keluarga dan anak ini buka setiap hari, untuk hari Senin s/d Jumat mulai jam 9 pagi sampai dengan tutup jam 4 sore, dan akhir pekan serta hari libur mulai jam 8 pagi s/d 4.30 sore.   Harga tiket masuk lokasi wisata jendela alam Lembang Rp 10,000 untuk hari biasa dan Rp 15,000 untuk weekend atau akhir pekan, tiket tersebut sudah termasuk gift dan berlaku bagi dewasa serta anak-anak. 

Jika Anda dari jauh sebaiknya sebelum sampai ke lokasi wisata booking terlebih dahulu hotel di dekap jendela alam Lembang Bandung. Hal tersebut untuk menghindari kehabisan kamar, terutama saat liburan panjang tiba. Adapun hotel di dekat lokasi wisata yang cukup bagus adalah The Green Forest Resort, Stevie 6 Hotel, dan Grand Hani Hotel dengan biaya kamar mulai Rp 300,000 s/d Rp 600,000.

8. Kampung Gajah

Tempat Wisata Lembang Bandung Kampung Gajah

Berlokasi di Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat, Kampung Gajah merupakan tempat wisata Lembang yang sangat populer. Kepopuleran objek wisata ini sampai ke telinga para wisatawan luar Bandung seperti Jakarta dan sekitarnya. Tempat wisata Lembang Kampung Gajah memiliki wahana lebih dari 30 jenis permainan, dapat digunakan untuk dewasa maupun anak, sehingga destinasi wisata wahana satu ini patut disebut sebagai wisata terpadu.

Wahana yang ada di tempat wisata Kampung Gajah diantaranya adalah Waterboom, Bumperboat, Child Playground, Mini ATV, Mini Buggy, Side Car, Buggy Family, Horse Riding, Delman Royal, Skyrider dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk harga tiket masuknya adalah: weekday Rp 10,000, weekend (holiday) Rp 20000, tiket terusan weekday Rp 150,000, weekend (holiday) Rp 250,000, tiket waterboom weekday Rp 100,000, weekend (holiday) Rp 125,000. Kampung Gajah buka mulai dari jam 9 sampai dengan jam 5. Disana selain wahana tersedia juga restoran dengan makanan yang enak. Untuk call center nya silahkan bisa menghubungi ke nomor ini (022) 88884012. 


7. Floating Market

Tempat Wisata di Lembang Bandung Floating Market

Menikmati wisata kuliner di atas perahu merupakan pengalaman unik tersendiri, untuk dapat menikmatinya Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Lembang satu ini. Adalah "Floating Market" sebuah tempat wisata yang menyuguhkan pengalaman wisata kuliner di atas perahu. Berbeda dengan "Pasar Apung" yang ada di Kalimantan, jika disana menjual kebutuhan pokok atau sembako, Floating Market di Lembang ini menjual aneka kuliner khas Lembang, Bandung

Lokasi wisata Floating Market Lembang berada di alamat jalan Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Wisata ini buka mulai dari jam 9 pagi hingga jam 8 malam, untuk melakukan reservasi dapat menghubungi nomor telepon ini (022) 2787766.

6. Kampung Daun

Tempat Wisata Kuliner Kampung Daun Lembang Bandung

Bagi para penggemar wisata kuliner? Kampung Daun Lembang, Bandung merupakan tempat wisata makanan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Menyajikan menu makanan khas Indonesia dengan latar belakang suasana alam pedesaan Sunda ditambah suara gemercik air terjun terasa damai dan nyaman berada disana. Salah satu menu makanan khas Indonesia yang ada diantaranya adalah Nasi Timbel, Nasi Pepes Daun Kemangi Sambal Pete, Nasi Liwet Parahyangan, Rawon, Sop Buntut, Sate, Ayam dan Ikan Goreng dan menu khas Sunda dan juga Nasi Bakar Sambal Belut.

Namun, selain makanan khas Sunda, kampung daun juga dilengkapi dengan hidangan makanan barat seperti Steaks, Pasta atau Pizza. Sedangkan untuk makanan ringannya yang khas adalah Batagor, Surabi, Tahu dan Pisang Goreng serta Colenak. Selesain menyantap beberapa makanan yang super lezat, cobalan menu minuman khas Sunda yang ada seperti Es Goyobod, Es Krim atau Pancake. Harga makanan di kampung daun untuk snack dipatok mulai dari Rp 8.000, sedangkan untuk steak sampai Rp 115.000. 

Sudah tidak sabar untuk menikmati makanan enak dan keindahan alam di kampung daun, silahkan berkunjung ke alamat ini Villa Triniti, Jalan Sersan Bajuri KM. 4,7, Desa Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk reservasi dapat menghubungi nomor telepon ini (022) 2784573. Kampung Daun Bandung buka setiap hari mulai jam 11 pagi sampai jam 11 malam.

5. Lembang Jungle Discovery

Tempat Wisata Lembang Bandung Lembang Jungle Discovery

Lembang Jungle Discovery merupakan objek wisata di Lembang yang tergolong baru. Pengalaman adventure yang menarik dengan panorama dan background alam hutan pinus yang alami akan menantang dan memacu adrenaline Anda. Lokasi tempat wisata outbound di Lembang satu ini terletak di kawasan hutan sekitar Tangkuban Perahu dengan ketinggian 1400 mdpl, sehingga udara disana terasa sangat sejuk.

Beberapa paket wisata yang disediakan Lembang Jungle Discovery antara lain adalah Family Day / Wisata Keluarga (Arisan, Reuni), Outing Gathering Company, Family Gathering, Offroad Paintball , Adventure Program, School Holiday Program/Wisata Pendidikan (Farewel Party, Opspek, etc), Paket Meeting, dan Wisata Religi. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap mulai dari penginapan, hotel, villa, bungalow toilet yang bersih dan juga keamanan 24 jam. 

Untuk mengetahui harga tiket masuk atau booking paket wisatanya Anda dapat langsung menghubungi email ini: spinachmanagement@yahoo.com atau ke nomor hp. 0812 183 1184 (Taufik ). Namun jika ingin langsung survey ke lokasi silahkan menuju ke alamat Lembang Jungle Discovery yaitu jalan Maribaya 216 RT.04 RW.03 Langensari - Cikidang Lembang - Bandung. 


4. Observatorium Bosscha

Tempat Wisata Lembang Observatorium Bosscha

Selanjutnya ada Observatorium Bosscha. Sebuah objek wisata yang memberikan pengalaman astronomi. Tempat yang berfungsi sebagai pengamatan dan observasi bintang dan objek luar angkasa ini merupakan satu-satunya yang ada di Lembang, Bandung. Rata-rata pengunjung objek wisata Observatorium Bosscha adalah mahasiswa dan juga murid sekolah karena memang Observatorium Bosscha  adalah merupakan wisata edukasi.

Lokasi alamat Observatorium Bosscha Lembang ada di jalan Peneropong Bintang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Gedung tempat penelitian bintang ini termasuk di dalam satu organisasi Institut Tinggi Bandung. Kunjungan pada hari Selasa sampai Jumat dibagi menjadi 3 sesi, masing-masing sesi berdurasi 1,5 jam. Sebagai catatan, pada hari Selasa dan Jumat hanya menerima kunjungan dari sekolah, instansi dan organisasi, tidak menerima kunjungan keluarga dan perorangan atau umum. Sedangkan untuk kunjungan perorangan atau keluarga dapat dilakukan pada hari Sabtu, tidak ada sesi khusus pada hari ini dan buka mulai jam 9 pagi sampai jam 1 siang. Untuk berkunjung sebaiknya melakukan reservasi atau konfirmasi terlebih dahulu, Anda dapat menghubungi nomor telepon ini (022) 2786027. Sedangkan harga tiket masuknya adalah Rp 7,500 per orang.

Booking Hotel daerah Lembang, Bandung

3. Maribaya

Tempat Wisata di Lembang Maribaya

Tempat wisata di Lembang selanjutnya adalah Maribaya. Jika berkunjung ke Tangkuban Perahu jangan lewatkan objek wisata satu ini. Berada di daerah Lembang, Maribaya berjarak kurang lebih 22 km dari Kota Bandung. Wisata yang dapat disaksikan di Maribaya adalah mata air panas. Seperti pada umumnya sumber air panas yang mengandung belerang diyakini mampu menyembuhkan aneka ragam penyakit kulit. 

Tetapi yang berbeda dari wisata permandian air panas lainnya adalah di Maribaya terdapat sebuah air terjun yang indah dan tamannya yang asri karena memang dekat dengan kawasan Hutan Ir. Juanda. Disana juga terdapat sungai yang masih alami yang megalir sampai ke Curug Dago. Jadi setelah berendam dalam hangatnya sumber mata air belerang disana dapat dilanjutkan dengan kegiatan wisata alam lainnya.

Lokasi alamat wisata air panas maribaya ada di Kampung Cikondang, Desa Lamajang, Kec. Pangalengan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Sedangkan harga tiket masuk maribaya hot spring water resort adalah Rp 35,000 (harga tiket masuk saja).

2. De Ranch

Tempat Wisata Lembang D Ranch

De Ranch merupakan objek wisata yang ada di Lembang. Tempat wisata De Ranch sangat ikonik, dengan tema utama yaitu Koboi.  Lokasi De Ranch ada di Jl. Maribaya No. 17, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Buka dari hari Selasa sampai Sabtu mulai jam 9 s/d jam 5, sedangkan hari senin tutup.

Tempat wisata De Ranch menyediakan banyak sekali aktivitas permainan, berikut ini adalah daftar permainan beserta harganya:

Delman – Rp. 30.000/ putaran/ 3 orang
Triker – Rp. 25.000/ 15 menit/ orang
Kuda Tunggang – Rp. 25.000/ putaran/ orang
Kuda Poni – Rp. 25.000/2x putaran lap poni/anak
The Gold Hunter – Rp. 20.000/ 15 menit/ orang
Fun Boat – Rp. 20.000/ 15 menit/ orang
Kolam Pancing – Rp. 20.000/ 30 menit/ orang
Flying Fox – Rp. 20.000/ 1x luncur/ orang
Balon Air – Rp. 20.000/ 5 menit/ orang
Sepeda Track – Rp. 20.000/ 15 menit/ orang
Sepeda Balita – Rp. 20.000/ 30 menit/ anak
Loncat Anak – Rp. 20.000/ 15 menit/ anak
Mancing Balita / Tangkap Ikan – Rp. 20.000/ 15 menit/ anak
Trampolin – Rp. 20.000/ 5 menit/ orang
Panahan (Archery) – Rp. 20.000/ 10 anak panah/ orang
Kolam Indian Totem Web – Rp. 20.000/ 15 menit/ orang
Pony Kidz – Rp. 20.000/ 15 menit/ anak
Kidtrik – Rp. 20.000/ 15 menit/ anak
Kuda Ayun – Rp. 20.000/ 3 menit/ orang
Peti Luncur – Rp. 15.000/ 2x luncur/ anak
Delman Luar (keliling seputar Lembang) Rp. 40.000/ 3 orang
Riding out (menunggang kuda ke luar lokasi De’Ranch)
Rp. 200.000/ 60 menit/ orang (minimal 2 orang)

1. Tangkuban Perahu

Tempat Wisata di Lembang Gunung Tangkuban Perahu

Siapa yang tak tau Gunung Tangkuban Perahu. Gunung yang memiliki cerita legenda rakyat ini berada di Bandung Utara tepatnya di Cikole, Lembang, atau sekitar 20 km dari pusat kota. Tempat wisata alam yang ada di Lembang ini ramai pengunjung saat akhir pekan dan musim liburan tiba. Tempat ini menjadi destinasi wisata favorit warga sekitar Bandung seperti Jakarta, Bogor, Subang, Purwakarta, dan Karawang. Kebanyakan warga sekitar Bandung memanfaatkan Gunung Tangkuban Perahu sebagai tujuan wisata akhir pekan karena mudah di jangkau dan sangat ekonomis.

Harga tiket masuk ke kawasan Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu adalah Rp 20,000 pada hari kerja dan Rp 30,000 pada akhir pekan dan hari libur. Sedangkan untuk tarif turis asing Rp 200,000. Biaya kendaraan roda dua (motor) Rp 12,000 dan Rp 25,000 untuk mobil. 

Demikianlah tempat-tempat wisata yang ada di Lembang Bandung, semoga dapat menjadi referensi dan informatif untuk Anda semua khususnya para traveler yang sedang mencari informasi destinasi wisata daerah Lembang Bandung. Terimakasih sudah mampir ke blog wisata ini, selamat berlibur.

[roz]

Search term: tempat wisata lembang bandung yang wajib dikunjungi, tempat wisata lembang terbaru, tempat wisata lembang murah, jendela alam lembang, kampung daun lembang, sapu lidi lembang, wisata alam lembang bandung, wisata kuliner lembang bandung.


EmoticonEmoticon