Wednesday, December 23, 2015

8 Wisata Kuliner di Bogor yang Wajib Anda Ketahui

Bogor merupakan sebuah kota berukuran 21,56 km persegi, tepatnya berada di Provinsi Jawa Barat. Kota ini, seperti kota-kota lainnya, memiliki keunikan tersendiri. Yang membedakan Bogor dengan kota lainnya di Jawa Barat salah satunya adalah wisata kuliner, kuliner bogor yang unik dan bervariasi ini merupakan ciri khas kota Bogor yang perlu Anda cicipi ketika sedang berkunjung. Jika Anda melewatkan kesempatan untuk berkeliling kota sampai tidak sempat icip-icip, bisa dibilang Anda harusnya menyesal. Kenpa menyesal? Karena keunikan rasa yang tercipta dalam sajian makanan kota Bogor tidak boleh dilewatkan. Dengan begitu, mari kita tilik tempat-tempat wisata kuliner khas Bogor yang wajib dikunjungi tahun ini.

Sebelumnya, perlu kita ketahui jika Bogor berada tidak terlalu jauh dari ibukota Negara yakni Jakarta dan daerah jabodetabek lainnya. Sehingga makanan tradisionalnya pun masih kurang lebih seragam, hanya perbedaan terletak pada bumbu yang digunakan dan nama yang sedikit berubah dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya. Nah, apa saja sih wisata kuliner Bogor yang wajib Anda coba tahun ini? Berikut adalah daftar nama-nama makanan yang telah direkomendasikan oleh kebanyakan orang.

wisata kuliner bogor

Wisata kuliner di Bogor yang Sudah Sangat Terkenal di Indonesia

  • Bir Kocok. Tenang dulu, ini bukan bir yang mengandung alkohol, jadi tidak akan membuat Anda mabuk 7 keliling. Kuliner khas kota Bogor yang satu ini dibuat dari campuran rempah-rempah seperti cengkeh, jahe, kayu manis dan gula aren. Hanya dengan 3rb rupiah, Anda sudah bisa menikmati bir non-alcohol yang menyegarkan sekaligus menyehatkan ini.
  • Bapatong. Apa itu Bapatong? Apakah ini pertama kalinya Anda mendengar Bapatong? Jangan kaget, tapi Bapatong adalah singkatan dari Bakso Kupat Gentong. Ketupat dan daging yang digunakan dipotong dan dibentuk menyerupai dadu. Tidak bulat seperti bakso pada umumnya. Harga satu porsinya hanya 15rb saja. Murah, bukan?
  • Sate Cungkring. Dalam bahasa Jawa, Cungkring berarti kurus.Cungkring adalah sate kikil dan daging kepala sapi yang dibumbui dengan bumbu kuning khas Bogor. Penjual Cungkring bisa temui di pasar-pasar tradisional atau terkadang di pinggir jalan ketika sore-sore hari.
  • Kedai Soto Rahayu. Kedai soto ini menyediakan berbagai macam soto dengan rasa dan aroma kuah khas Ibu Rahayu dari Bogor. Untuk harga, Ibu Rahayu membandrol 15rb sampai 50rb-an saja lho teman-teman.
  • Mie Janda. Bukan berarti mie ini sudah pernah menikah lalu menjAnda. Namun kata jAnda dari wisata kuliner Bogor ini merupakan singkatan dari Jawa Sunda. Mengapa Jawa Sunda? Karena mie ini menggunakan bahan-bahan khas Jawa dan Sunda menjadi satu. Nah, bagi siapapun yang ingin mencobanya, bisa datang ke ruko bojong depok baru, yakni salah satu cabang yang sudah dibuka.
  • Soto Bogor Pak Salam. Soto Bogor milik pak Salam ini sangat laris. Jadi harus cepat-cepat memesan sebelum jam 7 malam. Di restoran milik pak Salam ini pembeli diperbolehkan untuk memilih daging atau jeroannya sendiri. Tertarik mencoba? Datang saja ke Jl. Siliwangi Surya Kencana.
  • Martabak Air Mancur. Nama wisata kuliner yang satu ini berasal dari tempat dimana toko martabak ini dibuka, yakni di samping Air Mancur Bogor.
  • Es Durian Bogor. Setiap mengunjungi Bogor pastikan untuk mencicipi es satu ini, es durian Bogor sangat terkenal, untuk mendapatkannya tidaklah sulit, karena banyak penjaja es buah yang aromanya khas ini.
Sekarang bagaimana? Apakah sudah tertarik untuk mencicipi salah satu makanan diatas? Jadi, tempat-tempat wisata kuliner diatas merupakan referensi-referensi yang banyak direkomendasikan oleh banyak orang. Jika orang-orang saja tertarik dengan kekhasan masakan-masakan diatas, mengapa Anda tidak? Maka dari itu, ketika Anda mengunjungi kota ini, pastikan untuk mampir dan mencicipi makanan-makanan diatas.


EmoticonEmoticon